Bagaimana Cara Melakukan Riset Kata Kunci? - kuturing

Selasa, 18 Februari 2014

Bagaimana Cara Melakukan Riset Kata Kunci?


Jika anda serius melakukan blogging dan sangat berharap bisa mendapatkan banyak pengunjung, maka melakukan riset kata kunci adalah suatu keharusan. Ini adalah satu dari beberapa elemen penting dalam membangun blog yang dicari banyak orang. Jadi mari kita lihat bagaimana cara melakukan riset kata kunci blog anda.

Artikel ini merupakan penjelasan yang lebih terperinci dari artikel sebelumnya tentang bagaimana memilih kata kunci yang tepat untuk blog anda.

Kali ini saya akan membuat contoh kasus:
Anggap saja blog anda adalah sebuah blog bisnis yang bergerak di bidang penjualan tas. Otomatis kata kunci utama dari blog anda adalah "jual tas". Seberapa mampu anda mengelola blog baru anda untuk mengalahkan situs penjualan tas yang sudah lebih senior di dunia maya?
Kalau anda berniat untuk membuat blog anda menguasai kata kunci "jual tas" maka ini adalah sebuah kesalahan yang sangat fatal. Kenapa? Ada beberapa alasan:
  • Ini adalah kata komersil jadi pada umumnya blog baru tidak akan mampu
  • Sedikit sekali orang yang mencari barang dengan menggunakan dua kata. Rata-rata orang yang memang berniat membeli sesuatu menggunakan 4 kata atau lebih.
Jadi mari kita olah terlebih dahulu kata kunci "jual tas" itu. Ikuti prosedur berikut:
  • Buka halaman Google Adwords  External Keyword Tool
  • Pada kolom "kata atau frasa" masukkan kata kunci "jual tas"
  • Kemudian klik kolom "lokasi dan bahasa" untuk mengubah dari "semua" menjadi Indonesia
  • Setelah itu klik "telusuri" (lebih jelasnya lihat di bawah)
Gambar 1: riset kata kunci dengan google external Keyword Tool
  • Halaman ini akan menampilkan semua variasi kata kunci beserta kompetisi dan jumlah pencariannya secara global dan lokal.
  • Coba cari yang kompetisinya medium ke bawah. Setelah itu pilih yang terbanyak pencariannya. (lihat gambar di bawah)
Gambar 2: Memilih Kata Kunci hasil Riset
  • Dari gambar di atas anda bisa melihat saya menandai dengan dua kolom biru dan merah. Biru memperlihatkan variasi dari kata "jual tas", sedangkan merah memperlihatkan kata kunci lain yang harus kita coba.
  • Beri tanda centang pada kotak pilihannya, maka kata kunci akan tersimpan pada sidebar kiri halaman (lihat gambar)
Gambar 3: Tersimpannya kata kunci yang anda pilih
  • Perhatikan bahwa di samping masing-masing kata kunci ada sebuah panah kecil, klik panah kecil tersebut dan pilih "Tampilkan Lagi Yang Seperti Ini"
Gambar 4: Menambah variasi kata kunci yang diriset
  • Halaman ini akan kembali mencari variasi-variasi kata yang lain dari pilihan terbaru anda.... Jadi semakin banyak yang bisa anda tandai (lihat gambar di bawah)
Gambar 5: Variasi kata kunci yang dipilih terus ditambah
  • Ulangi semua proses ini sampai anda bisa menandai 20-100 kata kunci berbeda
  • Setelah itu mulailah membuat 1 artikel untuk 1 variasi kata kunci
  • Saran saya sebaiknya membuat 1 artikel per hari dan masing-masing artikel memuat lebih dari 500 kata.
  • Sebagai contoh untuk kata "tas branded murah" kita bisa membuat judul artikel "Jual Tas Branded Murah Yang Cantik" atau "Tas Branded Murah Yang Sedang Trend Bulan Ini" atau "Tas Branded Murah Tapi Tidak Murahan". Cobalah membuat judul menjadi sekitar 5-8 kata.
  • Lalu bagaimana jika variasi kata kunci anda sudah selesai anda buatkan artikel? Buat lagi dari awal, dan terus berulang.... Bukankah untuk kata kunci "tas branded murah" di atas sudah ada 3 macam variasi? Silahkan cari variasi lainnya. Ini perlu karena Google dengan Algoritma Pandanya suka artikel yang segar.
  • Jadi luangkanlah sejam setiap hari untuk membuat artikel baru yang berkualitas, sebelum anda melakukan aktifitas optimisasi offpage anda hari itu.

Like the Post? Do share with your Friends.

0 komentar:

Artikel terbaru

Berita Handphone

More on this category »

Berita Internet & Web

More on this category »

Teknik Hacking

More on this category »

Berita Robot

More on this category »

Berita Pemrograman

More on this category »

Berita kamera

More on this category »